Sabtu, 12 Januari 2019

E- MARKETING dan KASUS PEMASARAN GLOBAL


a.  PENGERTIAN E-MARKETING

      E-marketing menggambarkan usaha-usaha perusahaan untuk menginformasikan, berkomunikasi, mempromosikan dan memasarkan produk dan jasa melalui internet (Kotler & Armstrong, 2004). Electronic marketing memanfaatkan teknologi jaringan untuk mengkoordinasi penelitian pangsa pasar, membantu pengembangan produk, mengembangkan strategi dan taktik untuk memikat pelanggan, menyediakan distribusi online, mempertahankan catatan pelanggan, menciptakan kepuasan pelanggan, dan mengumpulkan umpan balik pelanggan (Reedy, Schullo & Zimmerman, 2000). 

b. KASUS DALAM E-MARKETING

     MASALAH
Beberapa persoalan yang muncul dalam perusahaan intel dalam usaha pemasarannya melalui internet :
1. Masalah pertama adalah masalah kerahasiaan (confidentiality) pesan. Kita harus           berasumsi bahwa setiap kali kita mengirim pesan di Internet, seperti halnya kita         menggunakan media kartu pos dimana semua orang dapat membacanya. Tentu kita tidak ingin orang yang tidak berkepentingan membaca pesan yang kita kirimkan itu.
2. Masalah kedua adalah bagaimana cara agar pesan yang kita kirimkan itu keutuhannya (integrity) sampai ke tangan penerima atau konsumen Intel. Di Internet, orang lain dapat mengubah isi pesan yang kita kirimkan itu, atau mengganti (sama) sekali pesan itu.
3. Masalah ketiga adalah keabsahan (authenticity) pelaku transaksi. Bagaimana pembeli produk Intel dapat yakin dengan otentikasi Intel Corp. Sebagai ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari kita dapat dengan mudah melakukan proses otentikasi terhadap kedua orang tua kita dengan cara melihat muka mereka, atau bahkan cukup dengan suara mereka saja.
4. Masalah keempat adalah keaslian pesan agar bisa dijadikan barang bukti. Konsumen atau pelanggan Intel Corp tentu tidak ingin kalau (tiba-tiba) ditagih oleh bank untuk pembelian perangkat lunak yang tidak pernah dibelinya, meskipun bank mengaku menyimpan data transaksi tersebut. Di sisi lain jika ternyata sang konsumen memang beli produk perangkat lunak tersebut, harus ada mekanisme tertentu sehingga konsumen tidak dapat menyangkal bahwa dia telah membeli produk atau perangkat lunak tersebut.


PEMBAHASAN
Sistem perdagangan di Internet yang dimaksud di sini adalah sistem perdagangan di Internet dimana konsumen berinteraksi secara langsung dengan sistem perdagangan tersebut (consumer based Internet commerce). Lebih spesifik lagi, pada tugas akhir ini penulis hanya meneliti transaksi yang menyangkut jual beli barang atau jasa serta kegiatan men-transfer dana. Penelitian tidak dilakukan terhadap transaksi jual beli saham, obligasi, atau sertifikat danareksa kepada nasabah. Penggunaan Internet sebagai media komunikasi dan bisnis (corporate based Internet business communication, misalnya dengan virtual private networkatau EDI over Internet) tidak dibahas dalam tugas akhir ini. Sistem-sistem perdagangan di Internet (SPI) berusaha untuk menyediakan sarana perdagangan di Internet yang mengatasi masalah-masalah keamanan tersebut.
Hingga awal tahun 1990-an, para pengusaha-pengusaha perusahaan hanya mengenal surat kabar, tabloid, majalah, radio, televisi dan bioskop, selain media luar ruang sebagai sarana beriklan. Di antara media ini, televisi merupakan media terbesar yang meraup dana iklan. Namun, seiring dengan makin meningkatnya kemajuan teknologi komputer yang antara lain dipelopori Intel Corp dan ditemukannya World Wide Web, sebuah sistem jaringan lebar (network-widehypermedia, peta periklanan dunia mulai berubah. Web merupakan media yang lebih mudah yang pernah ada bagi kepentingan bisnis untuk menyebarkan informasi dan meraih pelanggan dalam dunia Internet. Dengan membuat sebuah home page di dalam Web, Intel Corp dapat lebih mempermudah dan mengefektifkan komunikasi pemasaran melalui Internet dan mengirimkan pesan mereka ke seluruh dunia layaknya sebuah billboard raksasa di sebuah jalan tol informasi (information superhighway).
Dalam hal ini konsumen atau pelanggan potensial yang tertarik terhadap pesan yang ada di situs Web Intel Corp dapat memperoleh informasi produk atau jasa tertentu lebih jauh hanya dengan berpindah dari satu layar ke layar lain dengan mudahnya. Inilah yang disebut dengan Internet Advertising atau biasa disingkat “I-Advertising” yang kini dikembangkan oleh Intel Corp dan secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi periklanan atau beriklan di internet. Ada beberapa model periklanan di internet. Pertama, periklanan pasif. Disini pengiklan menempatkan informasi pemasaran dan periklanan di situs web mereka dan mengundang pelanggan potensial untuk masuk ke dalamnya dan memperoleh informasi secara cuma-cuma. Pengkomunikasian situs web dilakukan dengan cara memberikan alamat webperusahaan tersebut pada merchandising mereka.
Model yang kedua adalah pemasangan iklan pada situs web yang banyak dikunjungi oleh users. Seperti halnya media tradisional, pengiklan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjungan ke situs web tempat pemasangan iklan. Bila pengunjung tertarik pada gambar yang ditampilkan pada banner iklan, maka diharapkan pengunjung situs tersebut akan merespon dengan mengklikbanner dan surfing pada website pengiklan. Jenis-jenis iklan di internet pun beragam, dan bahkan, sejauh bentuk yang diinginkan oleh pengiklan dapat diakomodasi secara teknis, maka iklan tersebut dapat diwujudkan. Dengan biaya yang sangat murah, iklan dilihat oleh target audience yang berkualitas (berpendidikan tinggi, penghasilan menengah keatas) dan jangkauannya sangat luas (dalam dan luar negeri). Keefektifan Iklan di Internet yang secara khusus dilakukan Intel menunjukkan bahwa web advertising lebih efektif apabila dibandingkan dengan traditional advertising, maka keuntungan yang diperoleh Intel Corp adalah :
1.    Mencapai high quality customers, dinama web surfer pada umumnya berasal dari high income earnerseducatedpersontechnologically savvy.
2.    Konsumen yang benar-benar terfokus (targetted customers).
3.    Dengan menempatkan iklan atau promosi pada halaman Internet yang spesifik, maka perusahaan akan mencapai konsumen secara lebih spesifik.
4.    Iklan dapat termonitor dengan program khusus.
Seperti yang dikemukakan pengamat, iklan dalam Internet memang lebih efektif bila dibandingkan dengan media tradisional. Hanya saja, untuk konsumen atau pelanggan dari Intel Corp – pemahaman I-Advertising harus lebih dikomunikasikan, karena masih banyak perusahaan yang belum memahami pentingnya Internet sebagai sarana promosi dan komunikasi perusahaan.————————-
Komunikasi Bisnis dan Rangsangan Visual
Beberapa pertimbangan dan analisa yang harus dilakukan CEO Intel Corp dalam mengaplikasikan Internet Marketing dalam manajemen pemasaran Intel Corp. Halaman muka site, yang merupakan bagian site yang paling penting untuk mengkomunikasikan pada calon pembeli atau konsumen apa yang ditawarkan dalam layanan atau produk Intel Corp. Apa yang akan mereka temukan, serta kemudahan apa yang menyebabkan mereka harus tinggal lebih lama dari lima detik di dalam site.Belakangan ini dengan semakin menjamurnya jumlah site, dan industri pesaing komputer maka perhatian orang dapat terbentang paling lama dalam jangka waktu sepuluh detik saja. Kadang otak seseorang menjadi sangat malas dan membutuhkan bantuan untuk men-stimuli tangan menggerakkan mouse menjalajahi suatusite. Manajer pemasaran Intel Corp harus dapat menjelaskan paranewcomer menawarkan produk dan isi dari site, tunjukkan sesuatu untuk tetap mempertahankan interest terhadap navigasi site dan menggenggam perhatian mereka, misalnya dengan memutuskan untuk membuat sebuah site penjualan merchendise perangkat (lunak atau keras) komputer produk Intel Corporation. Apa yang dapat menarik perhatian calon konsumen atau pelanggan ke site tersebut? Tentu saja sebuah icon atau tampilan yang bisa menarik (menjadi daya tarik). Seorang bintang film yang cantik atau tampan mungkin dengan anggunnya mengenakan T-Shirts MU yang elegan dan tulisan “Gratis sebuah Kostum Original David Beckham setiap pembelian separangkat komputer lengkap Intel Corp”. Atau dengan “Welcome to Intel Corporation ” atau bahkan bila “Get to Meet David Beckham” dan sebuah quote “We can beat anybody, remember We’re the Treble Winners” dibawahnya. Manajer pemasaran Intel Corp ingin pengunjung merasakan berada di sebuah tanah ManUtd, dan hal yang selanjutnya yang ingin mereka dapatkan adalah “Gratis – Gratis dan Gratis” Dalam satu jangkauan klik mouse. Oleh karenanya atraksi visual selanjutnya adalah navigasi anda yang efektif membagi button menarik untuk di klik.
Pengunjung akan bergerak kepada informasi tentang apa yang akan anda tawarkan atau daftar produk anda. Secara efektif akan menuntun pengunjung tanpa disadarinya menjalajahi sitedan bahkan berniat untuk berkunjung sekali lagi karena site sering diperbaharui secara daily basis. Ikon sangat mudah menarik perhatian pengunjung serta mengajak mereka untuk tetap membaca isi site. Apabila CEO Iintel Corp merasa judul kepala kurang menarik, coba perkuat dengan sebuah image.
Tampilan Iklan
Penataan iklan yang terkadang berlebihan menyebabkan pengunjung merasa terganggu oleh keberadaan mereka, sehingga bukannya mengklik iklan tersebut (yang mendatangkan keuntungan tentu saja untuk anda) mereka cenderung untuk keluar dari site. Namun iklan dapat kita gunakan untuk menarik perhatian pengunjung. Iklan kecil dan berwarna sebagai pengganti tulisan Yahoo! adalah contoh menarik pada website Yahoo! Kecil dan fast loading namun sangat menarik perhatian. Visibilitas navigasi juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan iklan kecil. Image ini dapat ditempatkan di daerah mana saja untuk menjaga pengunjung tetap di Hot Area.
Selain itu Manajer Marketing atau desain web Intel Corp selayaknya menjaga surfers untuk tetap senang, fokus, dan tertarik. Orang cenderung tidak membaca berton-ton tulisan, mereka membaca sesuai keinginan mereka, hanya jika sesuatu menyalakan pikiran mereka. Suatu fakta bahwa orang cenderung melihat gambar yang representatif yakni gambar senyum David Beckham yang akan membuat hidup mereka komplit. Oleh karena itu pastikan anda memberikan apa yang mereka inginkan, karena begitu kebutuhan mereka terpenuhi mereka takkan segan membaca kelanjutan dari senyum David Beckham secara teks base. Apabila manajer pemasaran Intel Corp dapat secara berkelanjutan menyajikan isi yang berkualitas berarti sudah unggul selangkah dalam persaingan bisnis internet

Bentuk-bentuk Utama Dari Komunikasi Pemasaran :
  •          Personal Selling
  •          Advertising
  •          Sales Promotion
  •          Public Relations
  •          Sponsorship Marketing
  •          Publicity


Personal Selling
Bentuk komunikasi antar individu dimana tenaga Penjual menginformasikan, mendidik,dan melakukan kepada calon pembeli untuk memebeli produk atau jasa perusahaan.

Advertising
Segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.
Tujuan periklanan:
• Iklan Informatif
• Iklan Persuasif
• Iklan Perbandingan Iklan Mengingat

Sales Promotion
Merupakan semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat. Contohnya dengan menggunakan kupon, voucher, sampel, undian,dan discount.

Public Relations
Upaya hubungan masyarakat dengan perusaahaan harus membantu perkembangan dan pemahaman diantara unsur-unsur pokok perusahaan baik yang di sdalam maupun yang di luar. Praktisi humas bertujuan menghasilkan publisitas yang baik. Personil humas juga memainkan peran kunci dalam merespon laporan media yang tidak menyenangkan atau kontrofersi yang timbul karena kegiatan perusahaan di belahan dunia lain.

Perkembangan Peranan Hubungan Masyarakat Dalam Komunikasi Pemasaran Global
Para profesional humas dengan tanggung jawab internasional mereka harus mampu melampaui hubungan media dan melayaninya lebih dari sekedar sebagai corong perusahaan, mereka dituntut untuk secara bersama-sama membangun konsensus dan pemahaman, menciptakan kepercayaan dan harmoni, pandai bicara dan mempengaruhi opini publik, mengantisipasi konflik dan menyelesaian perselisisihan.
Salah satu konsep dasar dari praktik humas adalah mengetahui siapa yang menjadi pendengar atau pemirsa. Bagi praktisi humas global, ini berarti mengetahui pemirsa di negara asal dan negara tuan rumah. Untuk itu, dibutuhkan keahlian khusus termasuk kemampuan berkomunikasi dalam bahasa negara tuan rumah dan akrab dengan adat istiadat lokal
Kegiatan humas di bagi menjadi 2 yaitu:

1. Sponsorship marketing
Aplikasi dalam mempromosikan perusahaan dan merek mereka dengan mengasosiasikan perusahaan atau salah satu dari merek dengan kegiatan tertentu. Misalnya: World Cup, Olympiade Games, dll.
Sponsorship meliputi dua kegiatan utama:
a. Pertukaran antara sponsor (seperti merek dan pihak yang disponsori seperti event olah raga
b. Pemasaran asosiasi oleh sponsor

2. Event sponsorship
Merupakan bentuk promosi merek yang mengikat suatu merek dengan aktivitas pertandingan olah raga, hiburan, kebudayaan, sosial dan aktivitas politik yang menarik lainnya. Event sponsorship mempunyai banyak peluang untuk mencapai keberhasilan karena event-event tersebut menjangkau audiens ketika menerima pesan pemasaran serta menagkap orang-orang dalam suasana hati yang santai dan bahagia.

Empat Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Event Sponsorship:
1. Menghubungkan nama merek mereka dengan event khusus
2. Membantu perusahaan merespon kebiasaan media konsumen yang terus berubah
3. Membantu perusahaan memperoleh pengesahan dari berbagai pihak
4. Memungkinkan para pemasar untuk menargetkan upaya komunikasi dan promosinya ke daerah geografis tertentu atau kepada kelompok gaya hidup tertentu




2. Publicity
Merupakan segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor tertentu untuk meningkatkan kesadaran akan merek dan menambah citra merek melalui asosiasi yang kuat dan menguntungkan dan menguntungkan dengan merek-merek dalam benak konsumen.

Variabel-variabel yang Mempengaruhi Komunikasi Pemasaran Global
A. Budaya
• Simbol
• Institusi dan kelompok
• Nilai
B. Media
Perkembangan media dipengaruhi oleh perubahan struktural dan regulasi menyangkut industri media di setiap negara. Banyak organisasi (media dan agen) berusaha tumbuh melalui deversifikasi dan pengembangan jaringan internasional (pertumbuhan organik dan aliansi). Ada kecenderungan terjadi peningkatan konsentrasi kepemilikan dan pengendalian terhadap sebagian besar industri media oleh sejumlah kecil organisasi atau individu.

Strategi Komunikasi Pemasaran Global
1   1. Sebuah organisasi harus mengadaptasikan pesan eksternalnya agar bisa sesuai dengan kondisi negara lokal atau regional. Kebijakan standarisasi sukar dituntaskan karena menyangkut pertimbangan strategik dan kemampuan memahami lingkungan global secara komprehensif.
2. Masing-masing merek perusahaan harus memiliki kepribadian merek yang kuat sehingga berhasil menciptakan identifikasi global dan nilai merek superior yang mampu melintasi berbagai budaya yang berbeda.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar