a. PENGERTIAN E-MARKETING
E-marketing
menggambarkan usaha-usaha perusahaan untuk menginformasikan, berkomunikasi,
mempromosikan dan memasarkan produk dan jasa melalui internet (Kotler &
Armstrong, 2004). Electronic marketing
memanfaatkan teknologi jaringan untuk mengkoordinasi penelitian pangsa pasar, membantu
pengembangan produk, mengembangkan strategi dan taktik untuk memikat pelanggan, menyediakan
distribusi online, mempertahankan catatan pelanggan, menciptakan kepuasan pelanggan, dan
mengumpulkan umpan balik pelanggan (Reedy, Schullo & Zimmerman, 2000).
b. KASUS DALAM E-MARKETING
MASALAH
Beberapa persoalan yang
muncul dalam perusahaan intel dalam usaha pemasarannya melalui
internet :
1. Masalah pertama adalah masalah kerahasiaan (confidentiality)
pesan. Kita harus berasumsi bahwa setiap kali kita mengirim pesan di Internet,
seperti halnya kita menggunakan media kartu pos dimana semua orang dapat
membacanya. Tentu kita tidak ingin orang yang tidak berkepentingan membaca
pesan yang kita kirimkan itu.
2. Masalah kedua adalah bagaimana cara agar
pesan yang kita kirimkan itu keutuhannya (integrity) sampai ke tangan
penerima atau konsumen Intel. Di Internet, orang lain dapat mengubah isi pesan
yang kita kirimkan itu, atau mengganti (sama) sekali pesan itu.
3. Masalah ketiga adalah keabsahan (authenticity)
pelaku transaksi. Bagaimana pembeli produk Intel
dapat yakin dengan otentikasi Intel Corp. Sebagai ilustrasi dalam kehidupan
sehari-hari kita dapat dengan mudah melakukan proses otentikasi terhadap kedua orang
tua kita dengan cara melihat muka mereka, atau bahkan cukup dengan suara mereka
saja.
4. Masalah keempat adalah keaslian pesan agar bisa dijadikan barang
bukti. Konsumen atau pelanggan Intel Corp tentu tidak ingin kalau (tiba-tiba)
ditagih oleh bank untuk pembelian perangkat lunak yang tidak pernah dibelinya,
meskipun bank mengaku menyimpan data transaksi tersebut. Di sisi lain jika
ternyata sang konsumen memang beli produk perangkat lunak tersebut, harus ada
mekanisme tertentu sehingga konsumen tidak dapat menyangkal bahwa dia telah
membeli produk atau perangkat lunak tersebut.
PEMBAHASAN
Sistem perdagangan di Internet yang dimaksud di sini adalah sistem
perdagangan di Internet dimana konsumen berinteraksi secara langsung dengan
sistem perdagangan tersebut (consumer based Internet commerce). Lebih
spesifik lagi, pada tugas akhir ini penulis hanya meneliti transaksi yang
menyangkut jual beli barang atau jasa serta kegiatan men-transfer dana.
Penelitian tidak dilakukan terhadap transaksi jual beli saham, obligasi, atau
sertifikat danareksa kepada nasabah. Penggunaan Internet sebagai media
komunikasi dan bisnis (corporate based Internet business
communication, misalnya dengan virtual private networkatau EDI
over Internet) tidak dibahas dalam tugas akhir ini. Sistem-sistem
perdagangan di Internet (SPI) berusaha untuk menyediakan sarana perdagangan di
Internet yang mengatasi masalah-masalah keamanan tersebut.
Hingga awal tahun 1990-an, para pengusaha-pengusaha perusahaan
hanya mengenal surat kabar, tabloid, majalah, radio, televisi dan bioskop,
selain media luar ruang sebagai sarana beriklan. Di antara media ini, televisi
merupakan media terbesar yang meraup dana iklan. Namun, seiring dengan makin
meningkatnya kemajuan teknologi komputer yang antara lain dipelopori Intel Corp
dan ditemukannya World Wide Web, sebuah sistem jaringan lebar (network-wide) hypermedia,
peta periklanan dunia mulai berubah. Web merupakan media yang
lebih mudah yang pernah ada bagi kepentingan bisnis untuk menyebarkan informasi
dan meraih pelanggan dalam dunia Internet. Dengan membuat sebuah home
page di dalam Web, Intel Corp dapat lebih mempermudah dan
mengefektifkan komunikasi pemasaran melalui Internet dan mengirimkan pesan
mereka ke seluruh dunia layaknya sebuah billboard raksasa di
sebuah jalan tol informasi (information superhighway).
Dalam hal ini konsumen atau pelanggan potensial yang tertarik
terhadap pesan yang ada di situs Web Intel Corp dapat memperoleh informasi
produk atau jasa tertentu lebih jauh hanya dengan berpindah dari satu layar ke
layar lain dengan mudahnya. Inilah yang disebut dengan Internet
Advertising atau biasa disingkat “I-Advertising” yang kini
dikembangkan oleh Intel Corp dan secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi
periklanan atau beriklan di internet. Ada beberapa model periklanan di
internet. Pertama, periklanan pasif. Disini pengiklan menempatkan informasi
pemasaran dan periklanan di situs web mereka dan mengundang pelanggan potensial
untuk masuk ke dalamnya dan memperoleh informasi secara cuma-cuma. Pengkomunikasian situs web dilakukan
dengan cara memberikan alamat webperusahaan tersebut pada
merchandising mereka.
Model yang kedua adalah pemasangan iklan pada situs web yang banyak dikunjungi oleh users. Seperti halnya media tradisional, pengiklan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjungan ke situs web tempat pemasangan iklan. Bila pengunjung tertarik pada gambar yang ditampilkan pada banner iklan, maka diharapkan pengunjung situs tersebut akan merespon dengan mengklikbanner dan surfing pada website pengiklan. Jenis-jenis iklan di internet pun beragam, dan bahkan, sejauh bentuk yang diinginkan oleh pengiklan dapat diakomodasi secara teknis, maka iklan tersebut dapat diwujudkan. Dengan biaya yang sangat murah, iklan dilihat oleh target audience yang berkualitas (berpendidikan tinggi, penghasilan menengah keatas) dan jangkauannya sangat luas (dalam dan luar negeri). Keefektifan Iklan di Internet yang secara khusus dilakukan Intel menunjukkan bahwa web advertising lebih efektif apabila dibandingkan dengan traditional advertising, maka keuntungan yang diperoleh Intel Corp adalah :
Model yang kedua adalah pemasangan iklan pada situs web yang banyak dikunjungi oleh users. Seperti halnya media tradisional, pengiklan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjungan ke situs web tempat pemasangan iklan. Bila pengunjung tertarik pada gambar yang ditampilkan pada banner iklan, maka diharapkan pengunjung situs tersebut akan merespon dengan mengklikbanner dan surfing pada website pengiklan. Jenis-jenis iklan di internet pun beragam, dan bahkan, sejauh bentuk yang diinginkan oleh pengiklan dapat diakomodasi secara teknis, maka iklan tersebut dapat diwujudkan. Dengan biaya yang sangat murah, iklan dilihat oleh target audience yang berkualitas (berpendidikan tinggi, penghasilan menengah keatas) dan jangkauannya sangat luas (dalam dan luar negeri). Keefektifan Iklan di Internet yang secara khusus dilakukan Intel menunjukkan bahwa web advertising lebih efektif apabila dibandingkan dengan traditional advertising, maka keuntungan yang diperoleh Intel Corp adalah :
1.
Mencapai high quality
customers, dinama web surfer pada umumnya berasal
dari high income earners, educatedperson, technologically
savvy.
2.
Konsumen yang benar-benar
terfokus (targetted customers).
3.
Dengan menempatkan iklan atau
promosi pada halaman Internet yang spesifik, maka perusahaan akan mencapai
konsumen secara lebih spesifik.
4.
Iklan
dapat termonitor dengan program khusus.
Seperti yang dikemukakan pengamat, iklan
dalam Internet memang lebih efektif bila dibandingkan dengan media tradisional.
Hanya saja, untuk konsumen atau pelanggan dari Intel Corp – pemahaman I-Advertising harus
lebih dikomunikasikan, karena masih banyak perusahaan yang belum memahami
pentingnya Internet sebagai sarana promosi dan komunikasi perusahaan.————————-
Komunikasi Bisnis dan Rangsangan Visual
Beberapa pertimbangan dan analisa yang harus
dilakukan CEO Intel Corp dalam mengaplikasikan Internet Marketing dalam
manajemen pemasaran Intel Corp. Halaman muka site, yang merupakan bagian site
yang paling penting untuk mengkomunikasikan pada calon pembeli atau konsumen
apa yang ditawarkan dalam layanan atau produk Intel Corp. Apa yang akan mereka
temukan, serta kemudahan apa yang menyebabkan mereka harus tinggal lebih lama
dari lima detik di dalam site.Belakangan ini dengan semakin
menjamurnya jumlah site, dan industri pesaing komputer maka
perhatian orang dapat terbentang paling lama dalam jangka waktu sepuluh detik
saja. Kadang otak seseorang menjadi sangat malas dan membutuhkan bantuan untuk
men-stimuli tangan menggerakkan mouse menjalajahi suatusite.
Manajer pemasaran Intel Corp harus dapat menjelaskan paranewcomer menawarkan
produk dan isi dari site, tunjukkan sesuatu untuk tetap
mempertahankan interest terhadap navigasi site dan
menggenggam perhatian mereka, misalnya dengan memutuskan untuk membuat sebuah site penjualan
merchendise perangkat (lunak atau keras) komputer produk Intel Corporation. Apa
yang dapat menarik perhatian calon konsumen atau pelanggan ke site tersebut?
Tentu saja sebuah icon atau tampilan yang bisa menarik
(menjadi daya tarik). Seorang bintang film yang cantik atau tampan mungkin
dengan anggunnya mengenakan T-Shirts MU yang elegan dan
tulisan “Gratis sebuah Kostum Original David Beckham setiap pembelian
separangkat komputer lengkap Intel Corp”. Atau
dengan “Welcome to Intel Corporation ” atau bahkan bila “Get to Meet David
Beckham” dan sebuah quote “We can beat anybody, remember We’re the Treble
Winners” dibawahnya. Manajer pemasaran Intel Corp ingin pengunjung
merasakan berada di sebuah tanah ManUtd, dan hal yang selanjutnya yang ingin
mereka dapatkan adalah “Gratis – Gratis dan Gratis” Dalam satu jangkauan klik
mouse. Oleh karenanya atraksi visual selanjutnya adalah navigasi anda yang
efektif membagi button menarik untuk di klik.
Pengunjung akan bergerak kepada informasi tentang apa yang akan
anda tawarkan atau daftar produk anda. Secara efektif akan menuntun pengunjung
tanpa disadarinya menjalajahi sitedan bahkan berniat untuk
berkunjung sekali lagi karena site sering diperbaharui
secara daily basis. Ikon sangat mudah menarik perhatian pengunjung
serta mengajak mereka untuk tetap membaca isi site. Apabila CEO
Iintel Corp merasa judul kepala kurang menarik, coba perkuat dengan sebuah
image.
Tampilan
Iklan
Penataan iklan yang terkadang berlebihan menyebabkan pengunjung
merasa terganggu oleh keberadaan mereka, sehingga bukannya mengklik iklan
tersebut (yang mendatangkan keuntungan tentu saja untuk anda) mereka cenderung
untuk keluar dari site. Namun iklan dapat kita gunakan untuk menarik
perhatian pengunjung. Iklan kecil dan berwarna sebagai pengganti tulisan Yahoo!
adalah contoh menarik pada website Yahoo! Kecil dan fast loading namun
sangat menarik perhatian. Visibilitas navigasi juga dapat ditingkatkan dengan
penggunaan iklan kecil. Image ini dapat ditempatkan di daerah mana saja untuk
menjaga pengunjung tetap di Hot Area.
Selain itu Manajer Marketing atau desain web Intel
Corp selayaknya menjaga surfers untuk tetap senang, fokus, dan
tertarik. Orang cenderung tidak membaca berton-ton tulisan, mereka membaca
sesuai keinginan mereka, hanya jika sesuatu menyalakan pikiran mereka. Suatu
fakta bahwa orang cenderung melihat gambar yang representatif yakni gambar
senyum David Beckham yang akan membuat hidup mereka komplit. Oleh karena itu pastikan
anda memberikan apa yang mereka inginkan, karena begitu kebutuhan mereka
terpenuhi mereka takkan segan membaca kelanjutan dari senyum David Beckham
secara teks base. Apabila manajer pemasaran Intel Corp dapat secara
berkelanjutan menyajikan isi yang berkualitas berarti sudah unggul
selangkah dalam persaingan bisnis internet
Bentuk-bentuk Utama Dari Komunikasi Pemasaran :
- Personal Selling
- Advertising
- Sales Promotion
- Public Relations
- Sponsorship Marketing
- Publicity
Personal Selling
Bentuk komunikasi antar individu dimana tenaga Penjual
menginformasikan, mendidik,dan melakukan kepada calon pembeli untuk memebeli
produk atau jasa perusahaan.
Advertising
Segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan,
barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.
Tujuan periklanan:
• Iklan Informatif
• Iklan Persuasif
• Iklan Perbandingan Iklan Mengingat
Sales Promotion
Merupakan semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang
terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat. Contohnya dengan menggunakan
kupon, voucher, sampel, undian,dan discount.
Public Relations
Upaya hubungan masyarakat dengan perusaahaan harus membantu
perkembangan dan pemahaman diantara unsur-unsur pokok perusahaan baik yang di
sdalam maupun yang di luar. Praktisi humas bertujuan menghasilkan publisitas
yang baik. Personil humas juga memainkan peran kunci dalam merespon laporan
media yang tidak menyenangkan atau kontrofersi yang timbul karena kegiatan
perusahaan di belahan dunia lain.
Perkembangan Peranan Hubungan Masyarakat Dalam Komunikasi
Pemasaran Global
Para profesional humas dengan tanggung jawab internasional
mereka harus mampu melampaui hubungan media dan melayaninya lebih dari sekedar
sebagai corong perusahaan, mereka dituntut untuk secara bersama-sama membangun
konsensus dan pemahaman, menciptakan kepercayaan dan harmoni, pandai bicara dan
mempengaruhi opini publik, mengantisipasi konflik dan menyelesaian
perselisisihan.
Salah satu konsep dasar dari praktik humas adalah mengetahui
siapa yang menjadi pendengar atau pemirsa. Bagi praktisi humas global, ini
berarti mengetahui pemirsa di negara asal dan negara tuan rumah. Untuk itu,
dibutuhkan keahlian khusus termasuk kemampuan berkomunikasi dalam bahasa negara
tuan rumah dan akrab dengan adat istiadat lokal
Kegiatan humas di bagi menjadi 2 yaitu:
1. Sponsorship marketing
Aplikasi dalam mempromosikan perusahaan dan merek mereka
dengan mengasosiasikan perusahaan atau salah satu dari merek dengan kegiatan
tertentu. Misalnya: World Cup, Olympiade Games, dll.
Sponsorship meliputi dua kegiatan utama:
a. Pertukaran antara sponsor (seperti merek dan pihak yang
disponsori seperti event olah raga
b. Pemasaran asosiasi oleh sponsor
2. Event sponsorship
Merupakan bentuk promosi merek yang mengikat suatu merek
dengan aktivitas pertandingan olah raga, hiburan, kebudayaan, sosial dan
aktivitas politik yang menarik lainnya. Event sponsorship mempunyai banyak
peluang untuk mencapai keberhasilan karena event-event tersebut menjangkau
audiens ketika menerima pesan pemasaran serta menagkap orang-orang dalam
suasana hati yang santai dan bahagia.
Empat Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Event
Sponsorship:
1. Menghubungkan nama merek mereka dengan event khusus
2. Membantu perusahaan merespon kebiasaan media konsumen
yang terus berubah
3. Membantu perusahaan memperoleh pengesahan dari berbagai
pihak
4. Memungkinkan para pemasar untuk menargetkan upaya komunikasi
dan promosinya ke daerah geografis tertentu atau kepada kelompok gaya hidup
tertentu
2. Publicity
Merupakan segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi
gagasan, barang atau jasa oleh sponsor tertentu untuk meningkatkan kesadaran
akan merek dan menambah citra merek melalui asosiasi yang kuat dan
menguntungkan dan menguntungkan dengan merek-merek dalam benak konsumen.
Variabel-variabel yang Mempengaruhi Komunikasi Pemasaran
Global
A. Budaya
• Simbol
• Institusi dan kelompok
• Nilai
B. Media
Perkembangan media dipengaruhi oleh perubahan struktural dan
regulasi menyangkut industri media di setiap negara. Banyak organisasi (media
dan agen) berusaha tumbuh melalui deversifikasi dan pengembangan jaringan
internasional (pertumbuhan organik dan aliansi). Ada kecenderungan terjadi
peningkatan konsentrasi kepemilikan dan pengendalian terhadap sebagian besar
industri media oleh sejumlah kecil organisasi atau individu.
Strategi Komunikasi Pemasaran Global
1 1. Sebuah organisasi harus mengadaptasikan pesan
eksternalnya agar bisa sesuai dengan kondisi negara lokal atau regional.
Kebijakan standarisasi sukar dituntaskan karena menyangkut pertimbangan
strategik dan kemampuan memahami lingkungan global secara komprehensif.
2. Masing-masing merek perusahaan harus memiliki
kepribadian merek yang kuat sehingga berhasil menciptakan identifikasi global
dan nilai merek superior yang mampu melintasi berbagai budaya yang berbeda.DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar